Kamis, 26 November 2015

4 Manfaat Tomat untuk Kesehatan

tomat




Tomat adalah buah yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan serta masih satu kerabat dengan kentang, terung, dan paprika merah. Tomat adalah buah karena memiliki daging dan biji yang dapat ditelan, namun masih banyak orang menganggap tomat sebagai sayuran karena sering dijadikan lalapan.

Buah tomat adalah buah yang populer di dunia, termasuk Indonesia yang telah lama membudidayakannya. Kekurangan tomat adalah daya tahannya yang lemah sehingga mudah busuk, supaya tahan lama tomat harus dibekukan terlebih dahulu dengna cara pemilihan, pencucian, perebusan, perendaman, pengupasam dan diakhiri dengan pembekuan dalam lemari es.



Kandungan Tomat

tomat
Di dalam tomat terdapat berbagai macam kandungan yang membantu memelihara fungsi organ tubuh dan memperlancan sistem tubuh. Kandungan yang paling banyak adalah vitamin C dan air, dan bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit.
Selain digunakan sebagai lalapan dan bumbu masakan, tomat sering dijadikan bahan pembuatan masker ataupun kosmetik dari berbagai produk terkenal. Pembuatan masker tomat ditujukan untuk mengaja kesehatan wajah dan menampilkan pesona kulit.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

tomat

Pada umumnya orang-orang mengetahui manfaaat tomat hanya dalam kaitan kecantikan saja tapi para dokter juga mengatakan bahwa tomat bermanfaaat bagi kesehatan tubuh.
Berikut adalah manfaat tomat untuk kesehatan :
  1. Mengurangi lemak penyebab kegendutan
    Lemak adalah pemicu darah tinggi sehingga menyebabkan peningkatan berat badan, untuk mengurangi lemak yang menumpuk di dalam tubuh sebaiknya kita berolahraga dan menjaga pola makan yang teratur, Apabila Anda sudah berolahraga dengan teratur namun tak kunjung mengalami penurunan berat badan maka coblah dengan mengkonsumsi tomat secara rutin sebelum melakukan olahraga, Tomat tidak mengandung lemak, justru tinggi protein, karbohidrat, dan kalori. Ketiga nutrisi ini berperan penting dalam penurunan berat badan.
  2. Membantu membentuk otot
    Pria bertubuh kurus kurang diminati wanita karena terlihat kurang proposional, karena itulah banyak kaum adam yang rela menghabiskan waktu dan biaya guna mendapatkan postur tubuh yang ideal. Sealin melatih tubuh dengan mengangkat beban, ada hal lain yang mesti dilakukan yaitu istirhata, dikarenakan pembentukan otot terjadi ketika kita sedang istirhat. Disaat tidur, otot yang sudah rusak akan disusun kembali menjadi bentuk yang lebih sempurna dan perlu diketahui bahwa kesempurnaan bentok otot dipengaruhi oleh makanan yang kita makan.
    Ada makanan penunjang pembentuk otot dan salah satunya adalah tomat, dikarenakan tomat kaya akan protein.
  3. Mencegah kanker
    Antioksidan yang ada dalam tomat dapat mencegah penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru. Pernyataan tersebut didsari hasil studi yang dimuat dalam Journal of the National Cancer INstitue. Dimana dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang menyatakan bahwa menkonsumsi tomat dengan jumlah yang tepat dapat menurunkan resiko kanker pankreas, payudara, usus besar dan juga kanker leher rahim.
  4. Menangkal radikal bebas
    Senyawa flavonoid dan zeaxanthim yang terkandung dalam tomat dapat menangkal radikal bebas.


Bagikan

Jangan lewatkan

4 Manfaat Tomat untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.