Jumat, 27 November 2015

7 Manfaat Tersembunyi Wortel yang Wajib Kita Ketahui

Sejarah Singkat Wortel

Ketika kita melihat wortel maka yang terbesit dalam pikiran kita pastilah warnanya yang mencolok yaitu warna orange, karena orange merupakan warna ciri khas sayur yang satu ini. Meski begitu ternyata wortel tidak hanya berwarna orange, terdapat wortel berwarna lain seperti : putih, kuning, merah bahkan ungu.

Berbagai catatan sejarah menuturkan bahwa wortel sudah dikenal semenjak abad ke-1 Masehi, lantaran aroma wortel yang sangat khas, orang dulu menanam wortel untuk diambil daun dan bunganya saja, tidak seperti sekarang yang diambil sampai ke akarnya.

wortel
wortel


Para ahli botani mengelompokkan wortel ke dalam ke dalam dua kategori, yaitu wortel barat dan timur. Wortel timur dibudidayakan pertama kali di Afghanistan apda abad ke-10 Masehi dan berwarna ungu, sementara wortel barat dibudidayakan pertama kali di negeri Belanda sekitar abad ke-15 dan berwarna oranye.

Wortel merupakan sayuran yang sangat familiar bagi semua orang, dilihat dari bentuknya yang memanjang dan berwarna orange atau merah mudah menjadikan sayur ini mudah dikenali dan diingat oleh semua orang. Semua orang pasti setuju bahwa sayur yang satu ini mempunyai banyak manfaat bagi kita semua baik dalam kesehatan, khususnya kesehatan mata. Namun, manfaat wortel tidak hanya itu saja, ada banyak manfaat tersembunyi wortel yang harus kita ketahui. Wortel adalah sayuran yang memmpunyai berbagai nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan seluruh orga tubuh kita.

wortel

Berdasarkan fakta yang telah terungkap, ternyata wortel merupaan sumber vitamin a yang sempurna, tak heran jika khasiat wortel bagi kesehatan mata sudah tidak diragukan lagi. Vitamin A yang terkandung dalam wortel sangat baik dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh.

Berikut manfaat wortel bagi kesehatan tubuh :
  1. Memperbaiki penglihatan, sumber betakaroten dalam wortel akan diubah oleh organ hati menjadi vitamin A, maka tak heran lagi jika seseorang yang rajin menkonsumsi wortel dalam menu hariannya akan terjaga dengan baik kesehatan matanya.
  2. Anti kanker, wortel adalah sayuran yang dapat menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, paru-paru serta usus besar. Wortel dapat mencegah kanker dikarenakan terdapat kandungan falcarinol serta falcarindilol yang bersifat antikanker dalam wortel.
  3. Menyehatkan jantung, kandungan betakaroten, alfakaroten serta lutein dalam wortel sangat dibutuhkan organ jantung dikarenakan kanadungan-kandungan zat tersebut dapat menghindarkan kita dari berbagai gangguan atau serangan jantung.
  4. Menyehatkan gigi, wortel daoat membantu menghilangkan plak yang terdapat dalam gigi kita dan menghilangkan sisa makanan yang bisa merusak gigi dan gusi. Wortel dapat menyehatkan gigi karena mengandung mineral yang dapat mencegah kerusakan gigi.
  5. Mencegah stroke, rutin menkonsumsi sayuran orange atau wortel dapat mengurangi atau mencegah penyakit seperti stroke yang dapat mengancam keselamatan kita dalam sekejap.
  6. Menjadikan awet muda, betakaroten yang terkandung dalam wortel sangatlah tinggi sehingga dapat memperlambat sel penuaan. Berkurang sel penuaan mengakibatkan kita terlihat awet muda meskipun umur kita kian bertambah.
  7. Pembersih racun pada tubuh, kandung vitamin A dalam wortel dapat membersihkna organ usus besar serta empedu dan lemak dalam organ hati secara alami dan efektif.
wortel

Disamping kaya akan sumber vitamin A, wortel juga punya banyak vitamin C, K, serat dan potasium. Dengan adanya kandungan zat-zat tersebut, wortel diyakini para ahli kesehatan merupakan sayur yang sangat bermanfaat bagi organ tubuh manusia.

Berdasarkan FAO(organisasi makanan dan pertanian PBB), Tiongkok merupakan produsen wortel terbesar di dunia, diikuti oleh Rusia dan Amerika Serikat.

Bagikan

Jangan lewatkan

7 Manfaat Tersembunyi Wortel yang Wajib Kita Ketahui
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.